Minggu, 31 Oktober 2010

E-COMMERCE

E-COMMERCE
Isitilah e-commers muncul dalam berbagai bentuk sejak 20 tahun lalu. E-commers merupakan pengembangan dari teknologi yang disebut EDI(Electronik Data Interchance)dan Electronik Funds Transfer (EFT). Pertumbuhan penggunaan kartu kredit membuat suatu perkembangan besar dalam transaksi ekonomi. Walaupun saat itu transaksi yang boleh dikatakan cukup bagus dengan berbelanja Via telepon.
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.

Pendahuluan

Pengembangan system berbasis computer untuk Perdagangan Elektronik ( E-Commerce ) lebih menekankan pada aspek pemahaman konsep-konsep yang mendasarinya, kemudian menggunakan konsep-konsep itu untuk menganalisis permasalahan dan merancang system berbasis computer untuk mendapatkan solusi-solusi untuk permasalahan tersebut.

Pembahasan

Komersialisasi dan privasi internet yang meningkat bebrapa tahu terkahir seiring dengan penggunaan komputer semakin meningkat telah tumbuh dasar-dasar dari Electronik Commerce. Infrastruktur digitak telah membuat pertukan informasi semakin mudah. Dunia internet telah membuat paradigma baru didunia bisnis kusus pada pengembangan e-commers.
Perusahaan bisnis pendatang baru dapat menjadi perusahaan skala internasional dengan penggunaan aplikasi e-commerce. Banyak perusahhan yang telah menerapkan e-commerce sebagai aplikasi bisnis online.
E-commerce memiliki banyak istilah yang kesemua istilah itu hanya dilihat dati bentuk bisnis terkait apakah perusahaan jasa, maupun barang,. Anda mungkin sring mendengar istilah e-booking , pada dasarnya konsepdasar yang digunakan adalah sama dimana konsumen mengisikan formulir (merupakan idenditas konsumen/pemesan), lalu tentukan produk atau jasa yang dinginkan, pembayaran serta tahap-tahap tarnsaksi tadi dilakukan secra online, dimana orang –orang dapat dilayani dalam waktu yang hampir bersamaan, menghilangkan kondisi antre. Kemajuan pada dunia digital telah mengubah metode periklanan, layanan, dan segala hal terkait dengan tindakan ekonomi di dunia bisnis. Berikut gambar sistem E-commerce:

Keuntungan Electronic Commerce
Beberapa keuntungan aplikasi e-commerce dibandingkan transaksi bisnis secra manual diantaranya adalah
1. Otomatisasi, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual, seperti halnya menyimpan file data konsumen dimana konsumen yang mengisikan langsung disimpan pada komputer server, menghitung data banyak transaksi yang dibuat dalam file laporan disimpan sevra otomatis, segala bentuk file yang terkait dengan transaksi langsung disimpan pada komputer server. Suatu saat laporan-laporan transaksi tersebut dapat digunaka untuk dalam mega,bila tindakan, hal ini mungkin terkaitdengan pengelolaan SIM.
2. Integrasi, proses yang dibentuk terstruktur sistematis, serta saling berkaitan satu samalain hal ini meningkatkan efektivitas dan efisiensi
3. Publikasi, memberikan jasa promosi dan komunikasi yang luas serta mudah diakses dimanapun serta kapanpun, mematahkan batas ruang dan waktu.hal demikian terkait pada konsep EDI (Electronik Dta Incharger).
4. Interaksi, pertukaran data ta inromasi akan meminimalkan human error, karena yang berkerja adalah sistem. Condong pada EDI concept.
5. Transaksi, terdapat kesepakatan kedua pihak secara digital melalui pihak ketiga, pihak ketiga dalam transaksi bisnis seperti: Paypal dimana akun kartu kredit/debit yang digunakan untuk transaksi manual dapat diubah dengan paypal untuk transaksi digital, bagian ini terkait dengan pengelolaan payment concept.
Keuntungan E-Commerce
Keuntungan Bagi Pelaku Bisnis
Efisien si serta efektifitas untuk pembiayaan pelayanan . distribusi, promosi, memangkas biaya operasional dengan meminimalkan penggunaan karyawan. Dapat meninjau dan mengumpaulkan informasi pelanggan, terkonekso untuk pelanggan diseluruh dunia dengan pembiayaan fisik seperti membuat kantor cabang maupn kantor cabang pembantu dapa dipanglas atau diminimalkan pembiayaannya. Terpenting bagi pelaku bisnis adalah informasi pelanggan dengan mengumpulkan informasi pelanggan para pelaku bisnis dapat ,enentukan target dan strategi yang digunakan untuk kelangsungan serta kemajuan bisnis.

Keuntungan bagi konsumen:
Memudahkan untuk membeli serta membayar barang dan jasa, menghemat waktu, tenega serta biaya , ayang banyak dikeluarkan apbila menggunakan transaksi secara manual. Seorang pembeli daoat bertarnsaksi bisnis kapanpun dimanpun konsumen inginkan, merewka tidak sibuk harus mengantri.

Keuntungan Bagi Manajemen
Manajemen dalam hal ini yang dimaksud yaitu penggelola E-Commerce, serta elemen-elemen sistem yang terkait dengan transaksi secara online, mereka dapat keuntungan, loyalitas dari pelanggan, yang lebih vital yang mereka tawarkan adalah kepercayan dari konsumen untuk tetap gunakan e-commers , semisalnya: paypal yang sebagian besar percaya dengan kredibilitas, kemanan sistem manajemen keuangan pelanggan.

Peluang E-Commerce
E-commers memberikan peluang bagi pihak-pihak yang erkait jadi keuntungan didistribusikan pada kelompok-kelompok berbeda, semisal: perusahan penjualk barang atau jasa, supplier, konsumen,partner kerja untuk segala wilayah. Hal demikian memunculkan jalan bagi terciptanya jasa & produk baru.

Faktor kunci sukses dalam e-commerce

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

· Menyediakan harga kompetitif
· Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
· Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
· Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
· Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
· Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
· Mempermudah kegiatan perdagangan

Masalah e-commerce

· Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
· Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.

Aplikasi bisnis

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

· E-mail dan Messaging
· Content Management Systems
· Dokumen, spreadsheet, database
· Akunting dan sistem keuangan
· Informasi pengiriman dan pemesanan
· Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
· Sistem pembayaran domestik dan internasional
· Newsgroup
· On-line Shopping
· Conferencing

Perusahaan terkenal

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.

Kecocokan barang

Ada beberapa barang yang cocok dijual secara elektronik seperti barang elektronik kecil, musik, piranti lunak, fotografi, dll. Barang yang tidak cocok seperti barang yang memiliki rasio harga dan berat yang rendah, barang-barang yang perlu dibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.


Kesimpulan

saya sangat berharap bahwa dengan dan lebih pihak lebih datang ke bisnis ini, pembangunan akan mempercepat. Kurangnya Internet lokal atau keahlian e-commerce adalah salah satu hambatan bagi pedagang untuk membantu mereka berkembang.Harapan lain dari kedatangan mereka adalah untuk melihat potensi e-commerce dan membuat lebih banyak peluang di bidang ini.E-commerce potensi besar dan menjanjikan di Indonesia, tetapi memerlukan penanganan yang tepat untuk menjamin keberhasilan pembangunan di Indonesia.

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/
http://mrifai.com/internet/ecommerce/pengertian-e-commerce/
http://dasril.wordpress.com/
http://www.balinter.net/news_184_Pengertian_Ecommerce_dan_Teknologi_Informasihtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar