Selasa, 23 Februari 2010

Apa beda broker Market Makers dan ECN

Apa beda broker Market Makers dan ECN
Ada banyak wacana mengenai broker ECN belakangan ini dan membuat saya tergugah untuk menjelaskannya.

Apakah bedanya antara broker biasa (atau istilah kerennya broker Market Makers dan juga broker ECN?

Topik ini selalu dibahas oleh para trader, trader senior maupun pendatang baru. Dan untuk menjawab pertanyaan kita harus mengetahui kebenaran, memeriksa perbedaan dan menentukan kebutuhan kita. Keluhan dan juga permasalahan seringkali muncul dari para trader. apakah itu karena seringkali muncul hal-hal baru. Ada yang suka dan tidak.

apakah broker ECN gaya apapun akan lebih baik? Well, jawabannya terletak pada keputusan likuiditas pasar penyedia layanan dan hubungan mereka dengan pasar global antar. Ada sebuah ilustrasinya, seperti kebanyakan Anda tahu, broker ritel adalah penghubung transaksi anda. Bila pada perdagangan bursa, Joe menjual dan anggota lain Maria membeli dan broker hanya mendapat komisi untuk memfasilitasi deal.

Perbedaan ECN dan MM terletak pada sistem yang mengelola transaksi kita.
Kalau ECN, semua transaksi kita diteruskan ke market tanpa melalui dealing desk. sedangkan MM order-order yang ada "dikumpulkan" dulu di dealing desk untuk kemudian diteruskan ke market berupa netto transaksinya. Broker-broker MM sering diisukan bertransaksi melawan nasabahnya karena adanya "dealing desk" sebelum diteruskan ke market. Benar tidaknya saya sendiri tidak tahu. Sebagian broker kadang disebut bandar karena tidak semua order diteruskan kepasar dan untuk tipe broker seperti ini brokernya berharap agar kita loss
ciri-cirinya:
1. Sering requote order
2. Kadang tidak bisa menutup order padahal koneksi internet bagus adakalanya tertera koneksi tidak terdeteksi
3. Kadang juga tidak bisa ambil posisi padahal internetnya bagus sering ada pesan uji parameter


Untuk mengurangi ketidaknyamanan ini, banyak trader yang pakai broker ECN. Kelemahannya seringkali harga melar dan biaya komisinya relatif lebih tinggi dari non ECN. Namun banyak juga broker ECN yang bagus dan komisi rendah, bahkan ada yang sekelas ECN tapi free comission.

Keunggulan broker ECN adalah , transparansi. Atau setidaknya janji transparansi. Meskipun pada awalnya ada pula yang tertarik oleh spread yang kecil, namun broker ECN adalah langsung ke pasar. Jika seorang trader dapat melihat pasar nyata, maka tidak ada seorang pun dapat berbohong kepada trader. Tetapi hal yang harus dikatakan di sini adalah, kalau anda merasa nyaman dengan broker anda yang lama, maka jangan langsung terburu-buru untuk pindah ke ECN sebelum anda mencoba demonya, dan mencoba "berdagang" di pasar real.

link: www.valasonline.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar